Tampungan Imajinasi Diri

Peranan Penting Logika

Ada yang tahu tentang game/permainan Minesweeper? Game ini ada di komputer berbasis system Operasi Windows dan ada juga di android. saya suka sekali game tersebut. Game yang mengutamakan logika dari penjumlahan dan posisi. kalau salah tebak posisi kotak yang ada BOM nya, bisa tamat atau game Over :)
pola permainannya adalah;
jika ada angka satu, maka disekitar angka satu tersebut sudah dipastikan akan terdapat satu buah BOM. nah jika delapan kotak disekitar angka satu tersebut sama sekali belum di buka, berarti masing-masing kotak yang disekitar angka satu memiliki kemungkinan 1/8 terdapat bom. atau sekitar 20% terkena bom. begitu seterusnya. jika angka 2, maka disekitar angka dua akan ada 2 buah bom.

Banyak manfaat dari permainan tersebut, selain melatih otak dan strategy tentunya. game tersebut bisa melatih pola pikir (logika) kita terhadap beberapa kasus kehidupan.
cerita permainan minesweeper itu bisa dijadikan bahan logika yang lain. misalnya si Andi berkata kepada saya bahwa dia akan pergi dari Mempawah ke Pontianak start pukul 7 pagi. pada pukul 9 siang, saya mendapatkan SMS dari budi bahwa dia bertemu dengan Andi di Gerbang kota Pontianak.
maka secara logika pikiran saya membentuk suatu opini bawah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari Mempawah ke Pontianak oleh si Andi adalah 2 JAM. didapat dari pukul 9 di kurangi 7 = 2 jam. cerita diatas hanya contoh kecil yang sederhana dari model logika. ada jawaban2 yang akan timbul dari beberapa kejadian. dulu di logika matematika kita mempelajari ini. saya sudah lupa teori2nya.

Nah, dari sedikit pemahaman tentang logika diatas, kita dapat dengan mudah dalam mengambil keputusan2 penting. banyak hal sukses yang saya alami karena saya memperhitungkan “logika” dari hal-hal yang saya alami. ilmu2 logika ini seperti bakat. dan tidak semua orang memilikinya. semoga kita dijadikan orang2 yang memiliki logika yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.685 pengikut lainnya.