Icon Folder dalam Flash disk

Siang ini sehabis makan aku buka-buka Flash disk yang biasa aku gunakan untuk ambil data dan bawa aplikasi-aplikasi portabel. Sambil mikir, bisa nggak yah Gambar Icon folder yang dalam flash diskku ini diubah atau diganti gambarnya dengan yang lain, seperti halnya gambar Folder “My Document” atau gambar “My picture” yang sedikit berbeda itu?


Soalnya folder di dalam Flash disk semakin banyak dan susah kalau terlihat sama seperti itu. jadi untuk memudahkan aku berinisiatif untuk mengubahnya.

Iseng klik kanan pada salah satu folder yang ada dalam Flash disk untuk coba ganti gambar icon seperti mengedit gambar folder pada biasanya, ternyata tak ada pilihan untuk “Cutomize”, yang ada hanya “General” dan “Sharing”. hmm.. ..
iseng buat folder baru di desktop dengan nama “Test” kemudian di customize dengan klik kanan kemudian pilih “Change Icon” dan memilih salah satu gambar yang kita sukai. yah gambar foldernya berubah sesuai dengan yang diharapkan. aku buka kedalam folder tersebut, apakah didalamnya terdapat pergantian atau ada hal yang lain? Ahaaa.. ternyata terdapat file “Desktop.ini” didalamnya. nah ini lah file settingnya. isinya spt ini:

[.ShellClassInfo]
IconFile=%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll
IconIndex=126

hohoho….
but wait …
copy paste file desktop.ini ke folder yang ada di Flash disk tak merubah keadaan. coba copy paste folder yang sudah diubah ternyata bisa!!
asyikk.. sekarang folder di Flash disk ku sudah berbagai macam gambarnya🙂

sekedar tambahan, untuk lebih gampang ganti gambarnya tinggal ganti angka pada isi file desktop.ini pada bagian “IconIndex=xxx”. dan untuk lokasi filde icen yang digunakan dalam kita letakkan sekaligus kedalam Flash disk. Icon file dibha ke dalam ..\alamatfodler..

14 thoughts on “Icon Folder dalam Flash disk”

  1. boleh juga tuh.. tapi ada yang lebih gampang lagi..
    copy icon yang kita inginkan kedlam folder..
    kemudian buka notepad ketik :

    [autorun]
    icon=*.ico ket : * = nama file icon

    save pake nama autorun.inf kedalam folder yg sama..
    beres deh..

    tip’s : coba jg copy keduanya (icon dan autorun.inf) ke flasdish (kalo perlu dihidden)
    dam silahkan lihat hasilnya..

  2. Semuanya emang keren…! pake file (ini) or (inf). Kalau mau software-nya yang keren juga ada niy… dowloada aja di—-http://iconempire.com/custom-icons/index.htm

    GRATIS tuh… selain bisa nge-change folder, juga bisa rubah DRIVE icon….

    THANKs….

  3. sependapat, emang bisa coba jalan2 sama om google, cari aja program autorun, dulu sempet nyoba, tapi dah lupa tempat downloadnya, so…. googling aja ya

  4. cara ini juga bisa ubah icon FDisk lo… dan sekalian alarm buat autorun lain yang mau masuk secara paksa… gw uda coba..

  5. Tanya…
    aku uD nyowBee dan BerHasil (aLhamDuLiLLah..)
    Tapi seandainya mo pake icon Laen selain dr yang ad di windows (icon Qt download sendiri dan disimpan di flash disk) gimana carane…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s