Social Bookmarking

bookmarkSebenarnya tulisan tentang social bookmarking sudah lama ingin saya tulis di blog ini, tapi entah kenapa selalu terlupakan dan molor. Nah, siang ini saya menyempatkan buat cerita pengalaman saya tentang “social bookmarking” ini.

Jujur saja, soal bookmark (offline) saya sangat membutuhkannya untuk berkelana di dunia maya. bookmark ibaratnya adalah kompas bagi saya untuk berselancar dunia yang luas ini. dengan adanya bookmark/Favorite di browser, saya bisa dengan mudah menentukan situs apa saja yang harus saya datangi.

kemunculan bookmark secara online disambut hangat oleh saya, karena saya sangat gemar mengoleksi link yang bagus menurut saya, dan memberikannya ke orang lain. Nah, dengan adanya bookmark secara online tersebut kita bisa segera memberikannya ke teman atau saudara kita.

dari hasil jalan-jalan (blogwalking) saya ke beberapa blog saya menemukan istilahnya. aha.. iya saya baru menemukan istilahnya (Social Bookmarking) setelah bertandang ke blognya cosa, yang waktu itu berbicara soal ngadutrafik.

mungkin yang banyak dikenal oleh orang adalah del.icio.us (kalau ini saya tahu dari wadehel, thx hel) dan digg. namun saya masih penasaran tentang Social Boormarking ini. maka dari itu saya coba lakukan searching dengan kata “social bookmarking” dan masuk ke situsnya wikipedia.

Setelah sampai di situs wikipedia, ternyata website yang menyediakan social bookmarking banyak sekali. ini daftar yang terdaftar dalam wikipedia:

2 thoughts on “Social Bookmarking”

  1. book marking itu maksudnya tag atau bukan sih, aku juga ga perah ngutak utik del. icio.us itu, ntar cobain ah..jd penasaran neeh, thanks yaa

    #bookmark itu maksudnya sebagai pengingat halaman kan? nah, bookmark di browser maksudnya supaya kita bisa ingat halaman (Url) yang akan kita baca lagi nantinya. kalau bookmark atau favorite yang terdapat pada IE, itu nggak bsia di share ke orang lain, tapi kalau yang online bsia di share mbak🙂

  2. Bu Dokter
    Kalau pergi ke blog lalu di bawahnya ada logo-logo Furl, Digg, Newsline, del.icio.us, dll. Itu yang disebut sebagai link untuk social bookmarking. Bu Dokter bisa men-share blog post tersebut ke del.icio.us karena Bu Dokter punya account di sana.

    Di Multiply, social bookmarking ini sudah tersedia sejak lama. Di WP.com ke’-nya belum ada. Kalau pakai WP.org, bisa instal plugins sendiri. Kalau make Blogger.com, kita bisa hack templatenya karena sudah ada yang menyediakan tutorialnya.

Tinggalkan Balasan

