Dinamo nggak jalan lagi kenapa?

Ada sebuah pesan yang masuk dalam blog saya;
> halo bro, salam kenal, to the point ya bro, ini masalah di motor
> mini 4wd ku, aku pake tabung auldey ama magnet emas auldey, trus aku
> coba pake angkur dari dinamo auldeyku yg laen (dinamo pabrikan)
> jalannya bagus, setelah lama ga kepake aku coba lagi tabung ma
> magnet tsb, (karena rencana mo gulung sendiri). tapi ga mo jalan
> bro, waktu pake tabung dinamo biasa bisa jalan, kenapa waktu pake
> tabung tsb. diatas, ga bisa jalan padahal awalnya bisa, mohon
> bantuannya bro….
Balasan saya adalah;
salam kenal
coba periksa magnet nya dulu. apakah masih berfungsi dgn baik. cek kutup utara dan selatan nya bener atau nggak. karena biasanya kekuatan magnet (flux) bisa hilang. misalnya dengan melihat ada nggak daya dorong kalau misalnya satu kutup kita temukan dan lain sebagainya. Nah, kalau bukan masalah magnet, coba perhatikan kawat pada gulungannya, sapa tahu udah kebakar. intinya, pastikan dulu semua komponen dengan benar. kalau udah yakin semua benar, pasti motor nya akan berjalan dengan normal kembali.

86 thoughts on “Dinamo nggak jalan lagi kenapa?”

  1. lam knal smua….banyak diskusi yang saya baca namun gak satupun yang bahas tentang dinamo ABC yang kenceng bocorannya dunk…….
    sebaiknya pake kawat ukuran berapa, berapa lilitannya, angkur 10 atau 12, trus mahnetnya pake yang racing atau magnet bawaan yang itam itu, terakhirneh perbandingan gear rasio yang pas….
    thx mas freddy hernawan…di tunggu balannya lho

    1. salam kenal..
      kl boleh ksh masukkan gulungan batere ABC biru sebaiknya gunakan angkur TiTi or HJH super yg 8_10 dan gunakan kawat ukuran 0,25-0,3mm..kl anda bisa kilik sendiri coba gunakan angkur belimbing 5 tp agak susah di pasaran..magnet bagusnya magnet tamiya hitam yg asli or Le Mans..perbandingan gear biasanya tdk sll tepat tergantung cara pemasangan bering+penguatnya..

  2. mas freedy, slm knal,.sy pengen tanya, apa bisa saya pesan body model speed buat ikutan kompetisi di sulawesi tenggara 2 minggu depan…skalian dgn mesinnya yg tipe speed, pokoknya komplit, tinggal ngacir aja?klo bisa, harganya brp?trus battery yg bagus tu yg gmn?bagusan mana dgn battery merk auldey? thanks

  3. maz, q maw tnya, angker miring 12mili, enknya pkek kwat ukuran berpa n magnetnya tebel pa tipis?
    ciri-ciri kwat yang baguz tu kayk pa?

  4. maaasss kalo cara ngelilit gmana cranya ?
    trus kalo jalanya lurus brp lilitan dan kalo jalannya banyak belikanya brp lilitan ?
    thanks kirim via email :)))

  5. salam kenal, nama saya arya.
    saya mau tanya soal setting keseimbangan mini 4wd, pada waktu saya menguji ditrek pada mulanya berjalan cancar, ketika 8 lap kemudian tamiya saya keluar lintasan dan menabrak kaki bangku. yang saya mau tanyakan kepada mas Freddy adalah apakah saya harus menambah 4 roller dengan roller dural? spesifikasi tamiya yang saya punya adalah mini 4wd pro seri bison magnum, bearing NSK 6mm, dinamo rev tuned pro, dan 4 buah roller 18 mm.
    terima kasih atas perhatiannya.
    Tolong balas email saya di
    bvaryapratama@yahoo.com

  6. sLam kenal maz ..! ne aq tanya gulungan piramid/bertingkat tu bagusnya dikasi angker apa ..? dan tabungnya pa ..?
    kalo aku mau menggunakan mahnet strong .!
    dan pa perlu stelah menggulung harus di solder..?
    menurut mas tembaga yang paling bagus di buat untuk buat lilitan apa .. ?
    sebelumnya trimakasi banyak !
    salam kenal dariku !
    dari aku si anak bodoh ..!

Tinggalkan Balasan

