di Insis Komputer

Dear diary,

Kemarin, adalah hari pertama aku kerja freelance untuk masalah UPS di Insis Komputer. ah lumayan banyak UPS yang bermasalah, totalnya aku tak tahu pasti. tapi yang pasti aku telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap 7 UPS. 1 diantaranya UPS merk Prolink 600 watt dan 6 sisanya adalah UPS merk ICA 1200 watt.

UPS Merk Prolink yang bermasalah adalah Accu yang tidak mampu mensuplai tenaga lagi, ketika listrik padam. sehingga aku harus mengganti dengan aki yang baru. begitu pula dengan sebuah UPS merk ICA yang lain. kedua Aki yang terdapat didalam nya juga jebol dan harus aku gantikan.

Ada sebuah UPS ICA 1200 watt yang lain rusak parah, sehingga tidak bisa diperbaiki sama sekali. Bau Hangus yang menyeruak ketika casing dibuka sangat menyegat hidung. satu ruangan langsung berhamburan bau hangus tak sedap dari campuran cairan isolator yang biasa digunakan orang untuk gulungan trafo. Trafo yang beratny akurang lebih 5 Kilo itu hitam kelam terbakar oleh sengatan listrik. selain itu, kedua baterai yang terdapat didalamnya juga rusak parah, tidak ada sedikitpun tegangan kehidupan didalamnya. "Ahh.. rusak total" kataku.

Sisanya, 4 buah UPS ICA 1200 watt hanya dilakukan pemeriksaan saja. karena pihak toko khawatir kalau baru saja diperbaiki malah rusak lagi, mending jangan diperbaiki saja. Ternyata, setelah saya periksa ke empat UPS masih layak pakai, hanya saja debu yang menumpuk saja. Jadi, debu-debu yang ada saya bersihkan semua dengan kuas cat yang bersih sehingga debu tidak menutupi komponen yang kemungkinan bisa terjadi konsleting.

Hari kemaren sangat cepat berlalu, masuk pagi sekitar jam 8 tidak terasa sampai jam 12, begitu pula ketika kembali lagi, dan pulang pukul 5 sore. ahh sungguh hari yang pendek. malamnya saya kecapean, karena sebelumnya ada pasang antena kaleng di tempat pak yoga.

6 thoughts on “di Insis Komputer”

  1. tar saya tanya teknisi saya dulu,5A besar gak yahhh mgk bisa……kalau mau cepat beli di nirbaya aja :))biasa teknisi ups aku ada gulung dinamo kipas angin ,,…mgk aja bise 😀

  2. #Mr.. X, Trafo 5 Ampere ya besar lah, sekitar 5-6 kilogram kali beratnya. tapi yang jadi masalah bukan soal besar atau kecil nya barang. yang jadi masasalah, dalam trafo itu ada 2 gulungan inti. yang satu buat step down satu lagi buat step up atau sebaliknya tergantung dari fungsi sebuah trafo.
    Nah, setiap gulungan dari kedua gulungan itu berbeda ukuran dan jumlah gulungan kawatnya. itu harus di hitung secara teliti, agar arus, tegangan dan resistansinya pas. soalnya dia memanfaatkan induksi yang dihasilkan. misal dari 220 volt dijadikan 12 volt.

    Jadi bukan kayak gulung kipas angin yang asal jalan trus keluar angin lalu beres🙂 dan kalaupun suruh benerin kipas angin saya pun bisa🙂 walopun saye males utk ngerjakan nya.
    Fyi, gulung kipas angin pun sebenarnya ada hitungan tersendiri, yang jelas (perhitungannya) jauh sama hitungan trafo. karena dah beda fungsi.

    btw, thx dah mampir kesini.

  3. UPS saya ICA CE600 2 bh, mau hidup tapi sampai 2-3 jam mati seolah-olah listrik PLN mati jadi bunyi bip….padahal listrik hidup.napa ya???

  4. Salam kenal mas Freddy!
    Maaf mas, sudah kelilimma cari-cari tentang UPS ICA tapi lain dari caseku syukur ketemumi blogta ini mas, baca dikit ooo mas memang di UPS jadi mungkin bisa bantu, casena begini:

    “2 ica 1200 di kantorku terbakar, dibuka, terbakar komponen irf… 3 bj.
    apa masalana ini mas?
    tolong mas mo beri komen ke bosku ini
    terimakasi banyak sebelumnya ini mas freddy.

Tinggalkan Balasan

