Membuat Laporan Tahunan

Beberapa hari yang lalu saya ditusgaskan oleh kepala Kantor untuk membuat sebuah Laporan Tahunan. Dalam tulisan saya kali ini tidak membahas apa yang akan saya tulis disana (laporan), tapi lebih untuk mengingatkan kepada saya apa-apa saja yang perlu dilakukan.

Pertama-tama saya harus membuat struktur dari laporan tersebut. mulai dari design Cover, Kata Pengantar, Halaman Visi dan Misi, Daftar Isi, inti dari laporan, rencana kerja,  sampai ke bagian Penutup. Dengan demikian saya dapat dengan mudah menyisipkan data atau informasi pada bagian mana yang bisa saya kerjakan. Dan tentu juga dapat meminta data-datanya dengan mudah sesuai dengan struktur yang ada. misalnya untuk membuat Kata Pengantar, tentu akan saya konsultasikan dengan atasan saya.

Tentu bukan  “Kata Pengantar” yang membebani saya, tapi inti dari isi laporan itu yang perlu saya fokuskan, karena isi laporan tersebut hampir semuanya adalah bagian dari seksi yang saya tangani. Di dalam isi laporan itu rencananya akan saya isi grafik-grafik realisasi perizinan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Pontianak berdasarkan jumlah izin dan jenis izin yang diterbitkan. sehingga pembaca laporan bisa tahu berapa banyak dan persentasi pertumbuhan perizinan yang ada di masing-masing kecamatan.

Untuk bagian organisasi dan rencana kerja isinya akan saya diskusikan dengan bagian yang terkait.

Tinggalkan Balasan

