Open id, sebuah identitas dunia maya

Apakah open id itu..?
Open id adalah identitas diri kita yang boleh atau kita atur untuk bisa di akses orang lain. Misalnya nama, alamat domain, alamat email, kantor dll yang tentu kita setting diperbolehkan untuk diketahui orang lain.

Apa gunanya open id ini..?
Salah satu gunanya supaya orang tidak repot lagi memasukkan daftar keterangan identitas dalam sebuah form pendaftaran. Misal kita akan login pada suatu website A, kita buat id lagi. Masuk website B maka identitas lagi. Begitu banyak website atau forum, blog dan lain sebagainya, maka berbeda pula kita menggunakan id.
Dengan adanya open id kita dimudahkan untuk melakukan log in dgn menggunakan open id tersebut.

Dulu.. (entah sejak kapan dimulainya system open id ini, bisa dicari literaturnya banyak di internet) banyak vendor yang berlomba-lomba membuat sebuah system open id. Diantaranya. Myopenid.com, openid.net dan lain sebagainya. Termasuk wordpress dan blogger juga “membuat dirinya” sebagai media open id.

Mereka yang berlomba-lomba membuat system open id, tapi facebook dgn santai dan tanpa capek2 malah dijadikan banyak website sebagai media open id. Salut buat facebbok. Mungkin karena facebook memberikan “secara percuma” konsep source bagaimana memasukkan id pengguna facebook. dan mungkin juga karna facebook banyak digunakan oleh orang sejagat maya ketimbang yang lain.

System open id ini mirip dgn system yang akan dibuat oleh pemerintah kita yaitu single identity card. Tapi nggak tahu kapan akan terlaksana…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s