Struk ATM sebagai bahan sampel Penelitian

Orlyn dan najwa senang sekali ikut saya ke dalam ruang mesin ATM. Alasan mereka karena sejuk (karena ada Air Conditioner). Kalau udah di dalam ruang ATM biasanya suka iseng ngumpulin struk atau tanda terima pengambilan uang, (yang biasanya tertera data-data jam, tanggal, saldo dll). Struk-struk yg berserakan di lantai ruang ATM dikumpulkan, biasanya untuk dimasukkan ke dalam tong sampah, ataupun dibawa pulang kerumah, untuk mainan, kata mereka.

Kalau Najwa struk itu dijadikan property dalam permainan pintu masuk perparkiran modern di sebuah supermarket yabg sudah menggunakan syatem audio dan automatisasi. “tekan tombol dan silahkan masuk” sambil memberikan struk tersebut sebagai bahan permainannya.

Berbeda dengan orlyn, struk2 atm tersebut dijadikan nota kasir dalam permainannya. Dia bermain berpura2 sebagai kasir di dalam sebuah minimarket. Dan memberikan struk tersebut sebagai bukti pembayaran. Ataupun, kadang dijadikan lembaran catatan atau media menulis.

Selama ini saya tak peduli kalau liat struk atm berserakan di dalam ruang atm. Saya pikir sekedar sampah.  Sampai ketika saya tanpa sengaja melihat struk-struk tersebut berserakan dirumah dan ingin merapikannya untuk anak2, saya melihat saldo saldo yang ada di struk-struk ATM tersebut. Dan jujur saya terkaget-kaget. Kenapa kaget? Saya tidak ingin masuk ke arah sana. Biarlah kawan2 saja yg ingin tahu, untuk menelitinya.

Kembali ke topik (sesuai pada judul tulisan), sebenarnya struk hasil penarikan uang di ATM bisa dijadikan bahan untuk penelitian (karya ilmiah). Mencari tahu seberapa “kaya” orang2 di suatu lokasi tersebut. Tentunya menjadikan struk atm tersebut sebagai sampel, untuk mengetahui berapa saldo rekening bank yang mereka pegang. Semakin banyak struk yg didapat, maka semakin banyak sampel atau data yg dihasilkan. Arahnya kemudian kita bisa mengetahui, seberapa makmurnya warga, atau seberapa banyak uang yg dideposit ke bank oleh warga. Dan bisa jadi info2 menarik bagi market, untuk mengetahui daya beli penduduk sekitar.

Ide ini boleh bagi siapa saja untuk mengembangkan dan membuat penelitiannya. Dan semoga bermanfaat.

One thought on “Struk ATM sebagai bahan sampel Penelitian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s