Pedhet

Cara Membaca Pedhet

 

Masih banyak orang yang salah membaca kata “pedhet”, namun saya maklum, karena ini adalah bahasa ibu, alias bahasa daerah terutama dari jawa sono.
Cara membaca kata “pedhet” yang benar adalah; pada huruf “e” pertama (setelah “p”) pada kata “pedhet”, dibaca seperti membaca “e” pada kata “peyeum“. sedangkan huruf “e” yang kedua (setelah “h”), dibaca seperti kata “televisi”, namun disini diberikan tekanan “H”. kita harus pandai membedakan kata jauh dan jau. oleh karena itu penulisan pedhet menggunakan “H” dengan gaya bahasa orang jawa.

 

mengapa ini saya buat tersendiri? soalnya ada orang yang membacanya pendet, ada yang membacanya pedet (dengan huruf “e” pertama dan kedua sama-sama dengan suara “e” seperti membaca kata “televisi”.

 

WhyPedhet?

banyak yang bertanya mengapa aku selalu menggunakan “Pedhet”. disini kuuraikan alasanku mengapa menggunakan Pedhet.

Pedhet itu unik. jarang yang menggunakan kata “Pedhet” sehingga mudah untuk mengidentifikasikannya dengan mudah. Aku mau orang gampang utk mencariku, misalnya dengan mengetikkan “pedhet” di mesin pencari seperti google atau yahoo.

masih jarang sekali orang yang menggunakan istilah Pedhet, karena kata “Pedhet” adalah istilah yang aku ambil dari bahasa jawa yang artinya adalah anak sapi. tidak seperti hal nya superman, batman, robin hood, heman dan lain sebagainya, banyak sekali orang menggunakan nya. saking banyak yang menggunakannya, misalnya seperti robin hood, maka supaya tetep bisa menggunakan nama itu ada yang menuliskan r0b1n h00d dan pemodelan lainnya.

 

 

11 thoughts on “Pedhet”

  1. Kok iso jeneng pedhet mas? Pedhet kan anak sapi to?
    Mas angon pedhet po? hehe….

    Salam kenal mas freddy🙂

  2. aku juga dapet nick baru
    selikoer karena itu nama tempat tinggalku

    ha ha ha, numpang promosi aja koq

  3. @Adil Makmur,
    saya nggak ada melihara anak sapi🙂 alasan kenapa memilih pedhet akan saya ceritakan kapan-kapan. entah kapan🙂

    @Yudhi Arie,
    seepp lah kalau begitu. mari kita ciptakan nama atau id kita sendiri-sendiri. itulah yang akan saya bahas nanti.

  4. bukannya pedhet, “e” yang kedua kayak di kata “lereng”, bukan kayak di kata “televisi”….

    haha, iya yud bener. makasih udah nambahin. aku baca kata “televisi”, “e” nya pakai “e” dalam kata “lereng”

  5. Sebenarnya aku takut bercerita tentang ini (“Pedhet”). ketakutan (yang lebih cocok kekhawatiran) ku itu seperti ketika peter parker (dipaksa?) untuk membuka topeng spidermannya. atau superman yang selalu berubah untuk menjadi manusia biasa dengan mengunakan kaca mata dan bersifat lugu ketika menggunakan pakaian biasa.
    yah komentar Mr. Orche! diatas ada benarnya, menurut filosofis yang diangkat dari “pedhet” sebagai nickname ku di dunia maya ini, dikarenakan aku masih ingin lebih banyak belajar, atau masih perlu nyusu dari induknya. namun dibalik itu semua, masih ada cerita lain..

  6. wah.. makasih ya mas dah mampir ke seeget.wordpress.com
    aku baru bikin blog nih…
    jadi lagi surfing2 dan liat2 blog temen2 yang lain…
    kalo ada yang aku blom punya .. pasti ku minta trik nya..🙂
    Salam kenal ya mas pedhet.

    Plis add me :
    YM ID – Seeget77.yahoo.com
    Talk ID – Meriahnyasepi@gmail.com

  7. Salam Kenal
    Saya Dieva pemain baru di tamiya mini 4WD
    saya membaca tentang lilitan dinamo jadi penasaran yang di maksud lilitan batik apa
    dan untuk main di Slop dinamo harusapakai apa
    kalau dinamo kilikan spec untuk angker, magnet rumah dinamo dan lilitan tembaga diameter berapa
    terima kasih
    Tolong bantu ya

  8. rasanya saya pendatang paling baru didunia tamiya mini 4wd baru tgl 13 desember lalu kenal dg maenan ini. tepatnya nemenin anak saya yg pengen ikutan lomba. bahkan sama sekali “buta” dg urusan dinamo dll. krn itu mohon bantuannya gimana harus memulai biar ga kuper bgt dg hobi baru (anak saya) ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tampungan Imajinasi Diri

%d blogger menyukai ini: